Beberapa Tanaman Obat yang Kerap Dimanfaatkan

No Comments Uncategorized

Sebagai negara dengan iklim tropis, tanah air kita Indonesia dipenuhi dengan aneka ragam kekayaan alami, termasuk dari berabagai macam tumbuh tumbuhan yang bisa digunakan sebagai metode pengobatan alami. Ada banyak tumbuhan obat telah dibudidayakan di rumah, bahkan setiap keluarga Indonesia sudah melakukannya sejak dulu.

Tak hanya dari daun, beberapa bagian dari tumbuhan obat juga bisa healty99.com dan diolah, termasuk dari akar, daun, umbi, batang, hingga bunga. Meski tidak bisa menggantikan obat-obatan medis yang telah teruji klinis, khasiat tanaman obat sayang jika hanya dilewatkan.

Untuk itu berikut sedikit tanaman obat yang sering digunakan :

  1. Rimpang akar Jahe

Tumbuhan herbal satu ini sudah pasti tidak asing lagi bagi kamu. Tumbuhan obat jahe bisa menciptakan hangat bagi tubuh, terutama saat sedang cuaca dingin seperti hujan.

Akar Jahe yang diolah menjadi ramuan herbal hangat juga bisa mengurangi masuk angin dan sari dari jahe bisa mengatasi masalah batuk karena efek hangatnya diklaim membantu melegakan area tenggorokan.

  1. Temulawak

Di negeri tanah air, tanaman temulawak adalah salah satu tumbuhan obat yang dipercaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh .

Temulawak dapat menjaga sekaligus meningkatkan nafsu makan seseorang, selain itu bagian akar dari temulawak juga kerap digunakan untuk mengtasi masalah dan gangguan pada sistem pencernaan mulai dari sakit perut hingga kembung.

  1. Tanaman Sirih

Siapa yang tidak tahu dengan sirih. Manfaat tanaman sirih sudah tidak di ragukan lagi terlebih untuk kesehatan manusia.

Sirih atau Piper merupakan tumbuhan merambat yang di ketahui berasal dari Indonesia, kebanyakan sirih di tanaman sebagai hiasan di perkarangan rumah yang tentu saja untuk di manfaatkan bagian daunya.

Daunya mengandung minyak atsiri berupa seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak serta kavikol yang bersifat mampu membunuh kuman, antifungi, antibakteri, antiseptik serta antiradang.

Kamu bisa menggunakan tanaman daun sirih sebagai obat tradisional baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Beberapa manfaat dari daun sirih yang di yakini yaitu mengatasi asma, batuk, demam berdarah, masalah keputihan, luka kulit, penyakit kulit, bau mulut, radang gusi, pendarahan di hidung (mimisan) serta masih banyak lagi

  1. Kunyit

Memanfaatkan akar kunyit atau beberapa produk yang dibuat dari bahan baku kunyit dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah seperti rasa sakit dan bengkak pada pasien penderita rheumatoid arthritis.

Akar Kunyit juga diklaim bisa mengatasi sekaligus mengobati berbagai jenis masalah penyakit, mulai dari gula darah dan diabetes, penyakit gusi, infeksi usus, kolesterol jahat, hingga penyakit lainya seperti kanker.

Meski memiliki banyak khasiat, namun sebaiknya kmau jangan terlalu mengonsumsi akar kunyit secara berlebihan. Dalam kaksus yang parah atau dosis tinggi, kunyit diketahui bisa menyebabkan efek samping seperti mual dan diare.

  1. Sambung nyawa

tumbuhan herbal daun sambung nyawa, daun dewa atau akar sebiak yaitu merujuk pada tumbuhan semak rimbun dengan nama ilmiah (Gynura procumbens) dari keluarga asteraceae. Sambung nyawa biasanya di tumbuhan di sekitar perkarangan rumah sebagai tumbuhan pagar.

Untuk pemanfaatan tumbuhan satu ini terletak pada bagian daun dan kulitnya dimana bagian tersebut di konsumsi sebagai lalapan ataupun di jadikan ramuan obat, sedangkan dalam industri obat tumbuhan satu ini di ekstrak dalam bentuk kemasan kapsul suplemen.

Beberapa masyarakat menggunakan khasiat tumbuhan sambung nyawa untuk mengatasi masalah kesehatan mulai dari batuk, radang tenggorokan, tekanan darah, hipertensi hingga di klaim dapat mengatasi tumor dan kanker.

healty99.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *